SIMDIK


TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


 .Menurut saya  Teknik Komputer, dan Jaringan adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik belajar dasar komputer, dan juga tentang telekomunikasi, informasi, perakitan komputer, perakitan jaringan, serta pemograman dan tentang sistem operasi perangkat lunak.

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan.Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen . Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 

Macam macam jaringan
1.     Kabel jaringan ; Kabel dalam sebuah jaringan digunakan sebagai media penghubung
2.     Kabel UTP                ; Untuk memahami fungsi kabel UTP, maka lebih baik kita membahas dahulu                                tentang apa itu pengertian kabel UTP atau kepanjangannya Unshielded twisted-pair
3.     Kabel STP            ; Shielded Twisted Pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (twisted pair).
Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan:
1.      Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi. 
2.      Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi       timbulnya crosstalk dan sinyal noise. 
3.      Harganya cukup mahal. 
4. Konektor           ; Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan NIC (Network Interface Card) yang ada pada komputer Anda. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya Konektor RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial dan konektor ST berpasangan dengan kabel fiber optic.
5. Hub                           ; adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8,16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya
6. Switch                      ; Switch pada prinsipnya sama dengan hub bedanya switch lebih pintar daripada hub karena mampu menganalisa paket data yang dilewatkan padanya sebelum dikirim ke tujuan.
7. Repeater                 ; Repeater adalah sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal
8. Bridge                       ; Fungsi dari bridge hampir sama dengan repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi berbeda
9. Router                      ; Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau menfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. Sama seperti hub/switch, router juga dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.
10. Modem                 ; Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment